RESENSI BUKU

“Komunikasi Dakwah
 (Teori, Pendekatan dan Aplikasi)
Karya : Prof. Dr. Asep Saeful Muhtadi

  
DATA BUKU :     
a.         Judul Buku           :Komunikasi Dakwah (Teori, Pendekatan dan Aplikasi)
b.        Penulis                  :Prof. Dr. Asep Saeful Muhtadi
c.         Penerbit                :Simbiosa Rekatama Media   
d.        Kota Terbit           :Bandung
e.         Tahun Terbit         :Oktober 2012
f.         Editor                   :Nunik Siti Nurbaya
g.        Jumlah Halaman   :212 Halaman
h.        Harga Buku          :Rp. 35.000,00
i.          ISBN                    :978-979-3782-88-1
j.          Ukuran                 :16x24 cm
k.        Kertas                   : HVS

Buku Komunikasi Dakwah merupakan buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Asep Saeful Muhtadi, yang merupakan dosen di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan Ia pun pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi (1998-2003). Buku ini mempunyai kekhasan tersendiri, yaitu berusaha menyajikan berbagai persoalan seputar pemikiran dan aktivitas dakwah. Selain itu, buku ini mempunyi keunikan tersendiri dibandingkan dengan buku sejenisnya yang lain, yaitu dari Bab-nya yang banyak, diringkas menjadi tiga tema besar, sehingga pembaca akan mudah mengelompokannya.
Tema yang pertama membahas tentang ruang baru komunikasi dan dakwah. Dalam tema yang pertama ini dijelaskan bahwa Komunikasi insani adalah proses pertukaran pesan yang berlangsung dalam dunia manusia, dimana komunikasi ini bertujuan untuk menghidupkan suasana interaksi yang berlangsung sehingga diperoleh efeknya yang maksimal, baik secara kognitif, efektik, maupun psikomotorik. Proses komunikasi melibatkan empat factor model Defleur diantaranya :
a.              Latar belakang social budaya
b.             Hubungan social
c.              Lingkungan fisik
d.             Pengalaman komunikasi sebelumnya
Pada dasarnya komunikasi merupakan proses penciptaan makna antara dua orang atau lebih faktor komunikasi lewat penggunaan tanda-tanda. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan komunikasi pertama isi komunikasi (konten) yakni pesan yang disampaikan komunikator, kedua konteks komunikasi, yakni lingkungan tempat dan waktu dimana komunikasi itu dilakukan, ketiga kontak antar pelaku komunikasi, yakni terbentuknya hubungan individu diantara actor komunikasi sehingga pesan-pesan akan mudah disalurkan.
Dalam konteks penyebaran dakwah pentingnya memperhatikan unsur dakwah dalam proses berdakwah, diantaranya : pertama Dakwah mengandung dimensi usaha transformatife. Kedua Dakwah dilakukan melalui pendekatan adaftif dengan memelihara nilai-nilai lama yang dipandang relevan. Dalam dakwah pasti akan menghadapi tantangan, terutama dimasa yang akan datang, karena semakin kesini teknologi semakin canggih. Yang dulunya kita hanya berdakwah lewat mimbar-mimbar, sekarang dengan adanya teknologi kita dapat menyebarkan dakwah melalui televisi, sehingga jutaan orang akan serempak mendengarkan. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin kesini dunia semakin modern, dan dakwah pun harus bisa memanfaatkan media teknologi yang semakin modern itu.
Tema kedua menjelaskan tentang pendekatan dakwah melalui media. Dimana dalam buku komunikasi dakwah ini dijelaskan bahwa kehadiran sejumlah bentuk media komunikasi dan informasi memang telah menjadi salah satu ciri menarik sekaligus menjadi konsumsi penting bagi masyarakat. Salah satunya yaitu media massa, yang merupakan alat bantu utama dalam proses komunikasi massa. Komunikasi massa ini memiliki beberpa hal penting diantaranya :
1.             Berlangsung satu arah
2.             Komunikatornya bersifat melembaga
3.             Pesan yang disampaikan bersifat umum
4.             Medianya menimbulkan keserempakan
5.             Komunikasinya bersifat heterogen
Selain dari media massa, berdakwah atau menyampaikan komunikasi bisa dilakukan melalui media elektronik, cetak, tulis, film dan sebagainya. Dalam media tulis yang harus diperhatikan adalah kemenarikan tulisannya. Dimana seorang penulis dalam membuat karya tulis harus mempersiapkan terlebih dahlu konsep tulis tangan, atau dapat disebut sebagai naskah kasar. Selain menulis ada media lain yaitu film, film dapat mempermudah jalan dakwah, karena film dapat memainkan peran dirinya sebagai saluran menarik untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu dari dan untuk manusia, termasuk pesan-pesan keagamaan.
Tema yang ketiga yaitu aplikasi komunikasi dalam dakwah. Pada tahun 1998 pertama kalinya ibadah haji ditanyangkan di stasiun televise Amerika, atas tayangan itu muncul berbagai reaksi yang menganggap tindakan CNN itu dapat membahayakan Yahudi. Tapi atas inisiatif Riz Khan seorang repoter CNN yang langsung mengaplikasikannya kegiatan wukuf di Arafah menimbulkan dampak positif, dimana pada awalnya umat Islam dipandang sebelah mata. Hal yang demikian merupakan usaha dakwah Riz Khan untuk memperkenalkan Islam kepada Barat secara Objektivitas. Dalam contoh kasus diatas merupakan salah satu pengaplikasian komunikasi terhadap dakwah Islam yang awalnya Islam itu dipandang sebelah mata, kemudian setelah diaplikasikan melalui proses dakwah menimbulkan dampak yang positif bagi umat Islam.
Selain melalui proses jurnalistik, penyebaran informasi lain yang lebih efektif dan efisien adalah pers, dimana pers memiliki peran yang cukup besar dalam merekayasa pola kehidupan suatu masyarakat, dalam memberikan pengetahuan dan membingkai pengalaman keagamaan.
            Proses pembelajaran sering disebut sebagai proses dakwah, tetapi dilihat dari segi prosesnya merupakan proses komunikasi. Dimana berlangsungnya aktivitas penyampaian pesan dari seseorang kepada seseorang atau beberapa orang lainnya. Komunikasi juga menjadi pintu pembuka solusi dalam proses pembelajaran. Komponen komunikasi dalam proses pembelajaran : kontak, konteks, dan konten.
            Buku ini tidak saja untuk dijadikan rujukan Dosen atau Mahasiswa, akan tetapi buku Komunikasi Dakwah ini bisa dijadikan rujukan oleh Dai, Para Ustaz, ataupun masyarakat umum,yang tertarik dengan masalah dakwah dan perkembangan media, karena dalam buku ini dibahas berbagai fenomena yang berkaitan dengan komunikasi dan dakwah.
            Kelemahan dari buku “Komunikasi Dakwah” ini yaitu Bab-bab nya yang terlalu banyak, sehingga menimbulkan pembaca bosen untuk membacanya, tulisannya yang terlalu panjang dan padat, tidak disertakan gambar untuk hiburan atau supaya pembaca tidak merasa jenuh, dan  terlalu banyak sub judulnya dalam setiap bab.
            Kelebihan dari buku”Komunikasi dakwah” adalah penyajiannya yang sangat sederhana, adanya tema khusus dalam merinci Bab-babnya, isi tulisannya dilengkapi dengan contoh-contoh fenomena yang ada, dilengkapi dengan puisi, dan buku ini dikemas dengan rapi dan dengan design cover yang sederhana dan menarik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA DAKWAH MEREKAYASA SOSIAL UMAT ISLAM

PIDATO ANALOGI

BASA SUNDA